-->

Cara Mengatasi Lupa Password BIOS


Bios adalah singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
  • Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  • Memuat dan menjalankan sistem operasi
  • Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  • Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
    BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
    Meskipun password BIOS dapat di reset dengan cara melepas baterai CMOS yang ada di motherboard, namun cara tersebut tergolong sulit karena secara otomatis kita harus melepas casing komputer terlebih dahulu. Apalagi jika Anda menggunakan laptop / tablet, maka menghilangkan password BIOS akan lebih sulit lagi.
    Jika Anda terlanjur memasang password pada BIOS komputer Anda namun nahas lupa password BIOS, maka ada dua cara yang dapat Anda gunakan. Cara pertama ialah dengan melepas baterai CMOS yang ada di mainboard. Dan cara kedua ialah dengan menggunakan layanan dari pihak ketiga untuk mendapatkan password utama yang ditanamkan di dalam motherboard. Menggunakan cara ini Anda perlu kode BIOS / Service Tag terlebih dahulu. Cara mendapatkan kode BIOS ikuti langkah di bawah ini.
    Cara Reset Password BIOS
    Catatan: Do With Your Own RISK! Meskipun saya sudah berhasil mengetes pada laptop Dell, Acer, Lenovo, dan HP, namun tetap ada kemungkinan gagal sehingga Anda harus melepas baterai CMOS untuk menghilangkan password BIOS.
  • Matikan PC Anda lalu masukan password BIOS yang salah berulang kali hingga BIOS terkunci total terus pilih enter unlock pasword
  • Disini, kode BIOS akan muncul. Catat kode BIOS tersebut terlebih dahulu. Kita akan menggunakan kode BIOS ini pada langkah selanjutnya

  • Gunakan perangkat yang dapat mengakses internet lalu kunjungi 
bios-pw.org
  • ketik kode yang Anda dapatkan dari langkah 2 pada situs tersebut lalu klik tombol Get password.

  • Terakhir, gunakan password yang muncul pada halaman tersebut pada PC Anda. Jika tidak bisa, restart terlebih dahulu PC Anda agar kolom untuk memasukan password muncul

    Mudah bukan? Kini seharusnya Anda dapat kembali masuk ke Windows seperti biasa.

0 Response to "Cara Mengatasi Lupa Password BIOS"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel